Sabtu, 17 Januari 2009

ISI TABLOID GA EDISI XXX JANUARI-FEBRUARI 2009

(kolom Tips and Trik)

 Kiat Bagi Anda yang Ingin Membeli Laptop 

Kembali ke laptop!!

Semua orang pasti pernah mendengar kata-kata tersebut terutama yang pernah nonton 4 Mata, terlihat Tukul sangat bergantung dengan laptopnya. Laptop memang sangat berguna bagi siapa saja, ini setara dengan harganya yang juga lumayan mahal. Jika Anda mempunyai keinginann membeli laptop, coba simak tips-tips berikut, siapa tahu ada manfaatnya. 
Ergonomik
Jangan pernah samakan keyboard PC dengan keyboard laptop. Keyboard laptop dirancang sesuai dengan ukuran laptopnya dan mungkin tidak terlalu nyaman bagi orang-orang yang terbiasa dengan keyboard PC. Semakin kecil sebuah laptop, maka susunan tombol-tombol keyboardnya juga akan semakin rapat. Seandainya anda lebih suka keyboard PC, ada baiknya anda pilih laptop berukuran besar karena susunan tombol-tombolnya tidak terlalu rapat.
Laptop juga biasanya dilengkapi dengan touchpad atau tracking pointer untuk menggantikan fungsi mouse. Tapi tetap saja, memakai mouse terasa lebih nyaman. Jadi, jangan lupa beli mouse USB saat membeli laptop.
Konektivitas
Cari yang konektivitasnya sesuai dengan keiinginan anda. Ada yang menawarkan USB saja, ada juga yang bisa PCMCIA card. Jika ingin yang terlengkap, cari laptop yang mendukung koneksi Bluetooth dan Firewire.Tapi terserah Anda, jangan sampai kamu membeli laptop yang hanya disertai dengan satu USB port. Itu bakal sangat merepotkan saat kita memakai mouse karena biasanya mouse dihubungkan ke laptop via USB port. Coba bayangkan saat anda mau transfer data dari Flash Disk, Sangat merepotkan musti colok dan cabut antara mouse dan Flash Disk?
Baterai
Salah satu hal yang membedakan PC dan laptop adalah mobilitas. Mobilitas laptop sangat bergantung pada baterai. Baterai laptop yang baik sanggup bertahan hingga empat jam setelah dicharge penuh. Baterai laptop yang bagus tentu bisa bertahan lebih lama lagi.
Kalau anda bener-bener butuh laptop yang bisa dipakai lama, cari deh laptop yang memberikan opsi untuk menginstall dua baterai sekaligus. Sayangnya, biasanya fitur ini didapat dengan mengorbankan disk drive karena baterai yang satunya umumnya mengambil tempat optical disk drive.
Ukuran & Berat
Jangan salah, ukuran juga penting. Semakin besar sebuah laptop, semakin besar pula layar dan tentu saja beratnya bertambah. Kalau kamu mau memakai laptop kamu untuk menonton Film, tentu saja yang berlayar besar bisa jadi pilihan kamu.
Kalo kamu benar-bener mengutamakan mobilitas dan tidak terlalu suka menonton di laptop, sangat disarankan untuk memakai laptop yang 12 inci.
Up To Date 
Mungkin ini terasa sepele, tapi ada baiknya kamu beli laptop yang up to date supaya tidak perlu ganti dalam waktu dekat. Contoh nyata, Windows Vista udah dirilis. Mau pilih mana, laptop yang memakai Vista atau yang XP? Begitu pula hardwarenya, agar nantinya laptop anada bisa menjalankan progam-progam baru yang terkadang membutuhkan hardware yang high end.

Penulis : Abraham Arief  GA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar