Minggu, 18 Januari 2009

ISI TABLOID GA EDISI XXX JANUARI-FEBRUARI 2009

Profil UKM :

AIESEC merupakan organisasi internasional yang berada di lebih dari 100 negara di dunia yang memfasilitasi para generasi muda dalam mengembangkan potensi yang mereka miliki untuk memberikan dampak yang positif bagi masyarakat. Di Universitas Andalas sendiri AIESEC telah berkembang sejak tahun 1993 hingga sekarang. Dalam usianya yang ke-15 tahun tepat pada 27 Juli 2008, AIESEC Universitas Andalas yang merupakan satu-satunya Local Comittee di luar Pulau Jawa, terus menigkatkan kontribusinya dalam membangun leadership bagi anggotanya, meningkatkan jumlah exchange dan meningkatkan dampak positif bagi masyarakat khususnya di Kota Padang. Di awal masa kepengurusan jajaran (Executive Board) 2008/2009, AIESEC Universitas Andalas telah memiliki enam departemen yang dibawahi oleh enam orang Vice President dan satu orang Local Committee President yang membawahi keenam department tersebut.


KOPMA UNAND bertujuan meningkatkan kesejahteraan mahasiswa pada umumnya,s menumbuhkan dan membina serta mengembangkan jiwa kewiraswastaan di kalangan mahasiswa, meningkatkan penghayatan anggota pada bidang perkoperasian, menciptakan tokoh muda koperasi. Dan koperasi mempunyai asaz, yaitu asaz kekeluargaan.

Anggota KOPMA UA terdiri dari anggota aktif dan anggota pasif. Anggota pasif adalah seluruh mahasiswa Universitas Andalas sedangkan anggota Aktif yaitu mahasiswa Universitas Andalas yang mendaftar kembali ke Kopma Unand.


UKM PANDEKAR merupakan suatu lembaga kemahasiswaan tingkat universitas yang terdapat di Universitas Andalas yang dapat menyalurkan minat dan bakat mahasiswa dalam bidang organisasi dan beladiri. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pandekar didirikan pada tanggal 9 Juli 1992 oleh jawara-jawara Silat Universitas Andalas.Disamping latihan rutin yang diadakan oleh masing-masing unit beladiri yang ada, UKM Pandekar juga mengadakan latihan gabungan (latihan bersama) yang melibatkan semua cabang beladiri yang ada di UKM Pandekar dalam periode waktu tertentu. Disamping itu diadakan juga peningkatan frekuensi latihan dan Training Centre (TC) atau pemusatan latihan dalam rangka menghadapi kejuaraan atau undangan latih tanding persahabatan.


UNIT KEGIATAN SENI Universitas Andalas (UKS-UA) merupakan satu-satunya organisasi seni di tatanan mahasiswa tingkat universitas di UNAND. Unit Kegiatan Seni Universitas Andalas memiliki 5 Divisi, Yaitu Divisi Vokal, Divisi Teater, Divisi Musik, Divisi Tari, Divisi Seni Rupa dan Even Organizer yang sekarang menjadi sub-unit yang sifatnya fungsional. UKS-UA aktif bergiat dan mengikuti aktifitas/lomba di dalam kampus, tingkat daerah, nasional, regional bahkan event-event tingkat international. UKS memiliki visi menciptakan “seniman yang organisatoris”, yang mampu mengkolaborasikan kemampuan berkesenian dan skill organisasi (team work). Banyak prestasi yang telah di torehkan oleh seniman-seniman UKS-UA. diantaranya: antara lain Festival Seni Mahasiswa Indonesia, 1989 dan 1991, Pekan Seni Mahasiswa I di Surakarta 1993,Festival Paduan Suara Campuran antar Propinsi se-Indonesia di Jakarta tahun 1992. Tim Teater mahasiswa Unand meraih peringkat I Festival Teater Mahasiswa Indonesia di Padang Panjang. Tim Grup Vokal Unand meraih peringkat V di Peksiminas VI di DIY tahun 2002, Teater Rumah Teduh UKS tampil dalam Festival Teatronik TVRI Sumbar 2007 serta salah satu yang paling membanggakan yaitu Predikat Golden Diploma tim Andalaswara pada Asian Choir Games 2007 di Jakarta. Saat ini UKS-UA digawangi oleh Davis Eldo Saputa (Ilmu Politik 05) sebagai ketua umum, Eko Permana Putra (Ilmu Administrasi Negara 06) sebagai Sekretaris Jenderal (yang juga anggota UKPM Genta Andalas), dan Rizky Aprima Putra (Ilmu Politik 06) sebagai Ketua Departement Seni.

UKM PHP dibentuk untuk menjadi kekuatan netral yang ada di Universitas Andalas dengan berbagai kegiatan seperti Pelatihan Dasar (untuk anggota), seminar-seminar lokal dan nasional, diskusi-diskusi, aksi simpatik dan demonstrasi, penyuluhan hukum dan politik kepada masyarakat, penyebaran stiker, pamflet atau selebaran serta mengajukan usulan dan menilai Undang-undang/peraturan yang dikeluarkan di tingkat Universitas. UKM PHP memiliki misi untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap dinamika kehidupan hukum dan politik mahasiswa dilingkungan Universitas Andalas Memberikan kontribusi terhadap pembelajaran hukum dan pengetahuan politik mahasiswa dan masyarakat Mensosialisasikan perkembangan hukum dan politik kepada mahasiswa dan masyarakat. Menentang kebijakan yang tidak berpihak kepada Mahasiswa dan Masyarakat.


UKO UNAND berdiri pada tahun 1993. Mengalami masa vakum selama 10 tahun dan aktif kembali sebagai organisasi pada 20 Februari 2003. UKO UNAND adalah suatu unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang pengembangan keolahragaan di Universitas Andalas. Kegiatan olahraga yang dikelola oleh UKO UNAND adalah sepakbola, bola voli, bola basket, tenis lapangan, tenis meja, bulutangkis, catur, takraw, atletik dan futsal.
Prestasi UKO Unand 3 tahun terakhir antara lain Semifinalis Liga Sepak Bola mahasiswa se-Sumatera 2005, Juara Liga Sepak Bola mahasiswa se-Sumatera 2006. Meraih Medali Emas Cabang Catur Beregu pada POMDA 2007. Juara III Cabang Sepak Bola pada POMDA 2007. Meraih Medali Perunggu Cabang Badminton pada POMDA 2007. Meraih Medali Perunggu Cabang Atletik pada POMDA 2007. Meraih Medali Perunggu Cabang Sepak Takraw pada POMDA 2007 Meraih Medali Emas Cabang Renang pada POMDA 2007. Runner Up POMDA SUMBAR 2007. Runner Up Renang Gaya Bebas no 50 m, 100 m, 200 m KEJURNAS Renang di Jambi 2007.

Profile

Nama : Khairil
TTL : Sumani, 13 Setember 1969
Alamat : Jln. Piai Tangah Pauh Padang
Pekerjaan : Petugas Kebersihan Gedung PKM.
Nama Istri : Afnidar
Nama Anak :
1. Dorisafri Yuliardi (11 tahun)
2. Rifki Abdul Aziz (8 Tahun)
3.Nadia Putri Khairani (6 Tahun)
4. Raihan Alfauzan (4 tahun)
Daftar Riwayat Pendidikan:
1. SD N 3 Sumani
2. SMP 1 Sumani
3. SMA Singkarak
4. D I APINDO (Asosiasi Pariwisata Indonesia)
Daftar Riwayat Pekerjaan :
1. House Keeping Hotel Grand Menteng
2. Hotel Sentral Jakarta
3. Hotel Oasis Jakarta
4. Cleaning Service Unand


Tiap manusia tentu punya garis nasib tersendiri dari Sang Khalik, tidak terkecuali untuk pria yang satu ini. Meski hidup yang harus dijalaninya begitu getir, namun bapak 4 orang anak ini tidak pernah putus asa dengan senantiasa berikhtiar dan berdoa, demi sebuah penghidupan yang layak untuk keluarga yang amat dikasihininya.
Setamat SMA di kampung halamannya, Singkarak, Khairil kemudian merantau ke Jakarta. Ia mesti bergelut dengan waktu dengan menjalanan aktivitas tak menentu seperti berdagang, menjadi supir, dan pekerja laundry hotel Grand Menteng Jakarta. 
Ia pun lalu memutuskan melanjutkan studi di APINDO (1993-1994) dan tamat setahun kemudian dengan gelar DI bidang Pariwisata, setelah tamat beliau kembali diminta bekerja di hotel Grand Menteng sebagai House Keeping dan Bell Boy selama hampir 3 tahun. Dan karena sistem kerja kontrak yang mulai berlaku di hotel tersebut, ia pun memutuskan untuk berhenti bekerja dan pulang ke kampung halaman.
 Sempat menganggur selama sebulan beliau kemudian diterima bekerja di Unand sebagai petugas penghijauan dan taman rektorat selama 2 minggu, kemudian beliau diminta bekerja di Lobby lantai 4 Rektorat selama 4 tahun dan setahun belakangan beliau mengurusi kebersihan gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Unand. 

Ia pun berharap mahasiswa turut menjaga kebersihan di lingkungan mereka sendiri, terlebih di lingkungan kampus.

Oleh : Cosma Putra Warau-warau GA

Profile

Cowok pendiam pencinta alam ini terbilang berprestasi di bidang ke-mapala-an. Bagaimana tidak, untuk tahun 2008 lalu dia terpilih sebagai peserta terbaik pada ajang Djarum Super Adventures, yang berlangsung di Jawa Barat.
Berawal dari hobi pencinta alam dan bertualang, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Andalas angkatan 2003 ini, telah menggeluti hobinya tersebut sejak SMA. Akan tetapi pada saat itu ia belum berpikir untuk mendalami hobinya lewat organisasi pencinta alam. Barulah setelah terdaftar sebagai mahasiswa UNAND, ia mendaftarkan diri untuk menjadi anggota MAPALA UNAND sejak akhir 2003 dan mengikuti Pendidikan Dasar Mapala (PDM) XIV MAPALA UNAND dan menjadi anggota penuh pada tahun 2004. 
Di sinilah ia mendapatkan dan mendalami ilmu-ilmu yang mendukung pelaksanaan hobinya, seperti teknik-teknik navigasi, panjat tebing, survival, dll. Tak puas di situ, anggota MAPALA UNAND dengan nomor register MU 171 Wsl ini juga mendalami ilmu organisasi dan kepemimpinan di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tertua di UNAND ini dengan menjabat dua kali kepengurusan, yaitu Bendahara (2005-2006) dan Ketua Bidang Organisasi (2006-2007). Sekarang walaupun tidak menjabat di kepengurusan, ia ditunjuk sebagai Kepala Pendidikan PDM IX MAPALA UNAND 2008. 

Berbekal semua ilmu yang telah diperoleh dan pengalaman-pengalaman di lapangan, mahasiswa kelahiran Bukit Tinggi 19 April 1985 dan bernama lengkap Fajri Israr ini memperoleh posisi puncak pada beberapa kejuaraan arung jeram tingkat nasional dan daerah. Selain itu ia juga menjadi pengiring pada Ekspedisi Empat Puncak di Pulau Jawa (2004), manajer tim MAPALA UNAND pada Arung Jeram di Muara Enim Sumatera Selatan (2005), dan menjadi salah seorang anggota ekspedisi pembukaan jalur sisi barat Gunung Singgalang (2004).

Tak hanya menyalurkan hobi saja, alumni SMA 2 Bukit Tinggi ini juga membaktikan ilmu dan jiwa kemanusiaannya dengan turut serta menjadi relawan pada bencana alam gempa dan tsunami di Aceh pada tahun 2004 dan Gempa di Solok dan Tanah Datar pada tahun 2006. 

Lewat pengalaman-pengalamannya sebagai pencinta ala mini, ia dapat merasakan bahwa dunia emang indah dan harus dijaga. Jika alam dirusak maka akan datang bencana. Ia berpesan kepada mahasiswa yang juga mempunyai minat dan bakat di bidang ke-mapala-an agar mau terus menggali dan mengasah ilmu dan bakatnya tersebut lewat organisasi yang berkompeten sehingga mempunyai modal yang kuat di lapangan dan mampu bersaing di kejuaraan-kejuaraan.

Oleh : Diana Ortega GA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar